Rabu, 26 Agustus 2009

KESEHATAN REMAJA Wawancara dengan Bidan Desa Asempapan Ibu Sri Rahayu (Bu Yayuk)

+:”Selamat pagi Bu, maaf mengganggu waktunya sebentar. Kami hanya ingin berwawancara dengan Ibu tentang kesehatan remaja. Sebenarnya seorang remaja itu dikatakan sehat itu terlihat dari aspek apa  saja?”
-:”Remaja ya……em…. sekarang kita lihat dulu batasannya remaja, dikatakan remaja kan dilihat dari batasan umur. Nah…dalam hal ini,itu ada istilah adolesen dan pubertas. Apa itu Adolesen? Adolesen adalah kebutuhan perilaku social sikologis/kematangan menjadi dewasa. Kalau membicarakan tentang pubertas adalah perubahan fisik mungkin dari yang belum menstrusi jadi menstruasi. Selain itu juga dipengaruhi oleh oleh pacu tumbuh, pacu tumbuh itu apa? yaitu…bertambahnya ukuran-ukuran badan tertentu yang pertumbuhannya itu lebih cepat dibanding yang lain. Selain pacu tumbuh ,juga ada istilahnya vertilitas, terus kematangan kognitif/pola pikir, dan juga psikososial”.
+:” Lalu bagaimanakah cara mempertahankan / merawat kesehatan pada remaja tersebut?”
-:”Kesehatan ya….,kan kesehatan secara umum itu dipengaruhi oleh faktor:
1. keturunan
2. lingkungan
3. perilaku
4.bibit penyakit yang ada                                      dilingkungan
ya….kalau ingin sehat ya…tentunya berawal dari keturunan, artinya dari faktor keluarga.Misalnya,kalau orang tuanya mengidap penyakit kanker, tidak menutup kemungkinan keturunannya juga akan tertular penyakit kanker. Selain itu lingkungan juga berpengaruh pada kesehatan baik Bio,Psiko,maupun social. Katakan saja ,misalnya kita lihat dari segi keturunan yang baik. Perilaku hidup yang sehat juga diterapkan dan yang mengantisipasinya berkembang biaknya bibit penyakit yang ada disekitar kita, tapi misalnya saja kita hidup dilingkungan WTS, walaupun secara fisik tidak tertular penyakit tapi secara mental kan paling tidak mentalnya sedikit mlempem (minder) bila ia masuk kedalam lingkungan  yang baik.”
+:”Gangguan-gangguan /penyakit apa sajakah yang sering mengganggu kesehatan pada remaja?”
-:”Kalau gangguannya……,gangguan-gangguan pertumbuhan itu yang  jelas. Terus kemudian, perilaku penyimpangan social seperti merokok, minum-minuman keras, bahkan mengkonsumsi  Narkoba. Kan remaja itu sukanya coba-coba, jadi ya……, kalau tidak hati-hati ya dapat menimbulkan kematian mungkin. Lalu biasanya untuk remaja cewek biasanya  itu gangguan menstruasi. Trus apa lagi ya……o….itu anoreksia anorfesia, apa anoreksia anorfesia?yaitu gangguan nafsu makan, kebanyakan disebabkan karena diet yang kebablasan. Tapi juga ada dari lingkungan yang tak menunjang /depresi'.
+:”Tentunya untuk menjaga kesehatan pada diri remaja, juga tak lepas dari kebersihan lingkungan sekitar, terutama dalam ruang kelas. Kalau menurut Ibu, kira-kira ruang kelas  yang bagaimanakah yang dapat mempengaruhi kesehatan remaja?”
:”Yang  jelas ada ventilasinya, trus pencahayaan yang cukup, kemudian lantainya harus keras dan kedap air, serta ruangannya yang pasti juga harus bersih. em….selain itu aplagi ya….yang  jelas sekolahan atau ruang kelas tersebut nggak dekat dengan pabrik biar nggak terjadi polusi suara, polusi udara dll.
Trus ini tempat untuk MCK juga harus cukup, ada tempat cuci tangan, trus mungkin tidak ada tempat sentik”.
+:”multivitamin dan supplement apa yang biasanya di konsumsi oleh remaja untuk meningkatkan daya tahan tubuh?”
-:”vitamin yang untuk meningkatkan daya tahan tubuh ya….yang  jelas vitamin yang mengandung vitamin C. tapi kadang juga di padu dengan vitamin E dan vitamin A, itu malah lebih bagus, tapi yang penting itu vitamin C saja sudah cukup.
Kalau untuk remaja cewek itu lebih baik minum penambah darah pas waktu mens .tapi, kebanyakan untuk hal ini kurang di perhatikan. padahal ini bagus untuk kesehatan”.
+:”sebagai seorang remaja, adalah masanya ketertarikan dengan lawan jenis. nah,kadang-kadang sebagai remaja, cewek itu terlalu over dalam berdandan. sehingga memakai kosmetik yang ada kandungan Hydroquinon (zat pemutih)nya biar mereka terlihat lebih cantik. lalu, bagaimana tanggapan ibu tentang hal ini?”
-:”o….ya….sebenarnya pemakaian Hydroquinon kalau secara kosmetik itu hanya untuk usia 30 tahun ke atas yang berguna sebagai perawatan. sedangkan untuk para remaja itu yang biasanya mengandung SPF 15 dan di sesuaikan dengan jenis kulitkita. kadang membeli kosmetik yang ada labelnya SPF 15 pun belum tentu cocok untuk jenis kulit kita. maka dari itu, kita harus menyesuaikannya dengan jenis kulit kita. dan yang lebih utama lagi kalau memilih dan menggunakan kosmetik itu jangan ada alkoholnya karena itu dapat menyebabkan kanker.
Dan kalau memang berniat untuk tampil cantik ya…..perlu juga lah konsultasi pada dokter kulit secara intensif, biar lebih tahu kondisi kulit kita itu kayak gimana, kan yang penting nggak terlihat putih wajahnya tapi terlihat lebih fresh dan bersih dari kotoran atau debu itu saja udah cukup membuat orang lain betah memandang wajah kita”.
+ : “Terima kasih bu atas waktunya dan ma'af telah mengganggu aktivitas ibu”.
- : ya terima kasih juga.

Dampak Keberadaan Madrasah Silahul Ulum Terhadap Lingkungan Sekitar Bersama : Bapak Kades Asempapan

+: ”Menurut bapak lebih banyak manakah dampak positif dengan dampak negative dari Madrasah  Asempapan ini Pak?''
 -:”kalau namanya fasilitas pendidikan, tentu banyak dampak positifnya. Jadi dengan adanya madrasah Silahul Ulum saya berterima kasih.”
+:”Kalau masyarakat sendiri, bagaimana pandangan mereka tentang Madrasah Silahul Ulum?”
 -:”Begini……….didalam pusat pendidikan tentu ada kekurangan dan  kelebihan, ya……..mungkin masyarakat agak kecewa karena masih banyak kekurangan. Jadi masyarakat sendiri banyak yang komplain tentang kekurangan tadi. Mengenai jam masuk siswa ataupun jam masuk istirahatnya, kalau bisa ya………tepat waktu lah. Jangan sampai ada yang nongrong ditempat-tempat sekitar Madrasah. Untuk PKS yang sering menyeberangkan anak,e……..supaya lebih ditingkatkan lagi. Sudah bagus tapi kan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi untuk keselamatan bersama .”
+:”Lalu kalau ada kegiatan malam hari di Madrasah, apakah kegiatan tadi menggangu masyarakat apa tidak Pak?”
 -:”Kalau mengenai kegiatan  malam hari, saya belum mendengar keresahan dari masyarakat. Karena kegiatannya kan banyak dilakukan didalam Madrasah,  jadi saya belum mendengar keresahan dari masyarakat.”
+:”Kapan saja bapak pernah menjumpai anak Madrasah Silahul Ulum sering melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti; berkelahi, merokok, ataupun bolos  sekolah?”
 -:”Kalau berkelahi saya belum melihat ,tapi kalau merokok saya  sering melihat. Tapi  kalau bolos ya……….masih  50:50, soalnya banyak siswa-siswa yang memakai seragam  sering berlalu- lalang di sekitar Madrasah. Saya juga sering melihat anak-anak yang sering nongrong saat jam pelajaran.”
+:”Kalau merokok itu apakah menggangggu siswa tersebut?”
-:”Jelas sangat mengganggu karena selain mengganggu kesehatan, serta kasihan orang tua mereka sebab akan menambah beban materi kepada mereka. kalau mau rokok silahkan ,tapi kalau sudah bisa kerja sendiri ya………silahkan”.
+:”Menurut bapak seandainya anak-anak yang nakal seperti tadi, seandainya ditangkap pihak yang berwajib apakah pihak desa mendapat nama  yang buruk dari pihak luar?''
-:”Jelas….!!! Bukan hanya desa, namun juga yang paling buruk adalah Yayasan itu sendiri. Tapi itu kembali kesiswa-siswanya juga, semoga tidak melakukan hal-hal yang buruk, kan sekarang banyak berita-berita kriminal di TV yang tersangkanya itu anak--anak remaja. Di TV kan ada dua unsur yaitu baik  dan buruk, jadi tiru  yang baik dan buang yang buruk.”
+:”Seandainya kalau anak  itu memang bersalah, apakah pihak desa masih mau membela anak tersebut atau mungkin dibiarkan saja agar mereka jera?”
-:”Kalau itu ya………lihat kesalahannya dulu, ringan atau berat. Kalau kesalahannya memang berat kami tidak akan menghalangi. Jika kesalahannya ringan ya……..kami akan coba untuk menghalangi.”
+:”Apakah pihak desa selalu  mensuport Madrasah agar lebih baik dan baik untuk kedepannya Pak.”
-:”Kalau selama saya menjabat saya akan tetap menyuport, tapi bukan dengan ekonomi melainkan dengan himbauan/saran agar Madrasah lebih maju.”
+:”Siapakah tokoh yang sampai saat ini masih berusaha memajukan Madrasah ini?''
-:”Semua masyarakat tetap berusaha memajukan Madrasah, karena Madrasah ini milik semua masyarakat. Jadi bukan hanya satu orang saja, tapi kami semua tetap berpartisipasi dalam memajukan Madrsah.Kalau bisa siswa-siawanya juga harus menjunjung tinggi nama Madrsahnya.”
+:”Mungkinkah untuk  kedepannya pihak desa akan membantu perluasan area Madrasah?”
-:”Kalau untuk perluasan itu kita lihat-lihat kondisi kepengurusan, kalau Madrasah perlu perluasan area kita kita harus memusyawarohkan terlebih dahulu.''
+:”Bagaimana pendapat Bapak tentang pembangunan perbengkelan?”
-:”Karena sifatnya berkarya, saya sangat berterima kasih sekali kepada Yayasan. Karena perbengkelan itu bisa membantu siswa setelah lulus agar bisa diterima dimasyarakat. Kalau bisa kegiatan seperti ini ada Kekomputeran juga, jadi bukan hanya di saat jam pelajaran saja.”
+:”Bagaimana harapan bapak untuk kedepannya agar supaya madrasah agar lebih baik dan baik lagi untuk kedepannya.”
-:”Yang pertama, Madrasah harus mau menerima saran-saran dari murid-muridnya, masyarakat dan pihak luar, selagi saran itu baik kenapa tidak.
    Yang kedua,Kalau bisa harus  ada kerja sama dari para Pengurus,Pihak Desa,dan Pihak Guru.'
+ : “terima kasih ya pak atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada kami”.

VISI MISI MA SILAHUL ULUM

VISI
Mengingat perkembangan ilmu pengetahuan danteknologi yang dicapai, era globalisasi yang sangat berpengaruh pada moral daperilaku manusia, era AFTA yang semakin menuntut bahasa inggris se bagai sarana komunikasi dan semakin sadar serta pahamnya orang tua akan pentingnya pendidikan yang berkualitas , agamis, apalagi adanya krisis moral, ulama, kepemimpinan, serta dangkalnya generasi muda akan pengetahuan agama maka realitas tersebut direspon dengan visinya “untuk memepersiapakan generasi muda yang bertakwa kepada Allah, mandiri, cerdas terampil beramal dan ber akhlakul karimah”
MISI
1. melaksanakan perintah agama serta aktif sehingga tercipta generasi yang beriman, bertakwa dan ber ahklak yang mulia.
2. melaksanakan bembelajaran dan bimbingan secar aktif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3. menumbuhkan semangat kompetitif inofatif agar mamapu bersaing dengan sekolah lain.
4. menumbuhkan berfikircera logis sehingga tercipta siswa yang mamapu memecahkan masalah, serta mamapu berkomunikasi melalui berbagai media.
5. mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi diri nya, sehingga berkembang lebih optimal.
6. menerapkan system majemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga, sekolah, masyarakat dan komite sekolah.

TUJUAN
1. menghasilkan lulusan yang menguasai pelajaran agama yang diajarkan.
2. menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah dan berwawasan ilmu pengetahuan danteknologi.
3. meghasilkan yang kreatif, inovatif , kompetitif dan mampu beradaptasi dengan lingkungan untuk kelangsungan hidupnya.
4. menghasilkan lulusan yang mandiri lepas dari ketergantungan.
5. menghasilkan lulusan yang mamapu melanjutkan ke perguruan tinggi dan mampu memasuki dunia industri dan usaha.