Selasa, 27 Januari 2009

Sejarah Singkat Madrasah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati

Semula di Desa Asempapan sudah berdiri Madrasah Diniyah yang status hukumnya masih menggabung dengan YPRU Guyangan dan masuk sore, dalam kurun waktu ± 10 tahun berubah menjadi Madrasah Ibtidaiyah dan masuk pagi. Berjalan 10 tahun mengingat anak-anak yang setelah tamat MI banyak yang tidak melanjutkan, karena pendidikan yang lebih tinggi agak jauh disamping latar belakang ekonomi yang kurang mampu, maka atas dorongan masyarakat yang mencintai pendidikan formal yang berbasis agama dan melihat keadaan yang sangat memprihatinkan karenan banyaknya anak yang putus sekolah tersebut, maka pengurus Madrasah pada saat itu merasa terketuk hatinya untuk mendirikan jenjang Madrasah yang lebih tinggi dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah, akhirnya bertekadlah para pengurus Marasah untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah yang namanya di samakan dengan jenjang Ibtidaiyah. Akhirnya berdirilah Madrasah Tsanawiyah Silahul Ulum tepatnya pada tahun 1980.
Adapun tokoh-tokoh pendiri MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati yang saat itu juga masuk dalam kepengurusan Madrasah Ibtidaiyah Silahul Ulum antara lain :
1. K.H. Abdur Rohman
2. K.H. Ahmad Fadlil
3. K.H. Ali Arifin
4. K.H. Sukron Hasan
5. K.H. Masykur
6. K. Syamsuri
7. K. Suyuti
8. K. Sudiran
9. Sahal Mahmudi
10. Abdul Hamid
Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang ikut dalam pendirian MTs Silahul Ulum. Sesuai dengan keputusan rapat pada saat itu, maka diputuskan K. Syukron hasan sebagai kepala Madrasah Tsanawiyah Silahul Ulum Asempapan yang pertama. Kepemimpinan K.H. Syukron Hasan berjalan selama tiga tahun, dan sebagai penggantinya diangkatlah bapak Masyhadi yang pada saat itu berstatus sebagai guru mata pelajaran. Pengangkatan kepala MTs Silahul Ulum Asempapan yang kedua ini berjalan sampai sekarang.
Setelah melalui perjuangan yang sungguh-sungguh, akhirnya diperoleh hasil, yaitu mendapat legalisasi dari Departemen Agama RI propinsi Jawa Tengah nomor : WK/5.C/PP.003.1/3420/1994, tertanggal 24 Nopember 1994 dengan status diakui. Pada perkembangan selanjutnya dengan berkat kepercayaan dari masyarakat sekitarnya, maka MTs Silahul Ulum asempapan mendapat pengakuan dari Departemen Agama Republik Indonesia Propinsi Jawa Tengah nomor : WK/5.C/PP.005/733/9 tertanggal 4 Maret 1999 dengan status diakui lewat akreditasi. Dan dengan gigihnya para pengurus serta kepala Madrasah Tsanawiyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati dalam mengikuti Akreditasi masal yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Madrasah dengan mendapat peringkat terakreditasi B dengan nomor : KW.11.4/4/PP.03.2/624.18.12/2005 tertanggal 18 April 2005.

6 komentar:

  1. pak buat blog yang khusus buat YSu dund...!! aku siap membantu deh (danang)masih inget aku kan? murid bandel

    BalasHapus
  2. komentnya biar kelihatan banyak pak hheheheheheh ^_^

    BalasHapus
  3. kunjungi yahc.. www.danmia.blogspot.com

    BalasHapus
  4. pak2 nek di photo ojo medeni wong ngono a!

    BalasHapus
  5. Agus siswanto17 Juni 2010 21.51

    alhamdulillah. semoga ini bisa jadi forum diskusi semua civitas akademika Silahul Ulum dan juga alumni. Very good progress!!! Salut

    BalasHapus