Rabu, 26 Agustus 2009

KESEHATAN REMAJA Wawancara dengan Bidan Desa Asempapan Ibu Sri Rahayu (Bu Yayuk)

+:”Selamat pagi Bu, maaf mengganggu waktunya sebentar. Kami hanya ingin berwawancara dengan Ibu tentang kesehatan remaja. Sebenarnya seorang remaja itu dikatakan sehat itu terlihat dari aspek apa  saja?”
-:”Remaja ya……em…. sekarang kita lihat dulu batasannya remaja, dikatakan remaja kan dilihat dari batasan umur. Nah…dalam hal ini,itu ada istilah adolesen dan pubertas. Apa itu Adolesen? Adolesen adalah kebutuhan perilaku social sikologis/kematangan menjadi dewasa. Kalau membicarakan tentang pubertas adalah perubahan fisik mungkin dari yang belum menstrusi jadi menstruasi. Selain itu juga dipengaruhi oleh oleh pacu tumbuh, pacu tumbuh itu apa? yaitu…bertambahnya ukuran-ukuran badan tertentu yang pertumbuhannya itu lebih cepat dibanding yang lain. Selain pacu tumbuh ,juga ada istilahnya vertilitas, terus kematangan kognitif/pola pikir, dan juga psikososial”.
+:” Lalu bagaimanakah cara mempertahankan / merawat kesehatan pada remaja tersebut?”
-:”Kesehatan ya….,kan kesehatan secara umum itu dipengaruhi oleh faktor:
1. keturunan
2. lingkungan
3. perilaku
4.bibit penyakit yang ada                                      dilingkungan
ya….kalau ingin sehat ya…tentunya berawal dari keturunan, artinya dari faktor keluarga.Misalnya,kalau orang tuanya mengidap penyakit kanker, tidak menutup kemungkinan keturunannya juga akan tertular penyakit kanker. Selain itu lingkungan juga berpengaruh pada kesehatan baik Bio,Psiko,maupun social. Katakan saja ,misalnya kita lihat dari segi keturunan yang baik. Perilaku hidup yang sehat juga diterapkan dan yang mengantisipasinya berkembang biaknya bibit penyakit yang ada disekitar kita, tapi misalnya saja kita hidup dilingkungan WTS, walaupun secara fisik tidak tertular penyakit tapi secara mental kan paling tidak mentalnya sedikit mlempem (minder) bila ia masuk kedalam lingkungan  yang baik.”
+:”Gangguan-gangguan /penyakit apa sajakah yang sering mengganggu kesehatan pada remaja?”
-:”Kalau gangguannya……,gangguan-gangguan pertumbuhan itu yang  jelas. Terus kemudian, perilaku penyimpangan social seperti merokok, minum-minuman keras, bahkan mengkonsumsi  Narkoba. Kan remaja itu sukanya coba-coba, jadi ya……, kalau tidak hati-hati ya dapat menimbulkan kematian mungkin. Lalu biasanya untuk remaja cewek biasanya  itu gangguan menstruasi. Trus apa lagi ya……o….itu anoreksia anorfesia, apa anoreksia anorfesia?yaitu gangguan nafsu makan, kebanyakan disebabkan karena diet yang kebablasan. Tapi juga ada dari lingkungan yang tak menunjang /depresi'.
+:”Tentunya untuk menjaga kesehatan pada diri remaja, juga tak lepas dari kebersihan lingkungan sekitar, terutama dalam ruang kelas. Kalau menurut Ibu, kira-kira ruang kelas  yang bagaimanakah yang dapat mempengaruhi kesehatan remaja?”
:”Yang  jelas ada ventilasinya, trus pencahayaan yang cukup, kemudian lantainya harus keras dan kedap air, serta ruangannya yang pasti juga harus bersih. em….selain itu aplagi ya….yang  jelas sekolahan atau ruang kelas tersebut nggak dekat dengan pabrik biar nggak terjadi polusi suara, polusi udara dll.
Trus ini tempat untuk MCK juga harus cukup, ada tempat cuci tangan, trus mungkin tidak ada tempat sentik”.
+:”multivitamin dan supplement apa yang biasanya di konsumsi oleh remaja untuk meningkatkan daya tahan tubuh?”
-:”vitamin yang untuk meningkatkan daya tahan tubuh ya….yang  jelas vitamin yang mengandung vitamin C. tapi kadang juga di padu dengan vitamin E dan vitamin A, itu malah lebih bagus, tapi yang penting itu vitamin C saja sudah cukup.
Kalau untuk remaja cewek itu lebih baik minum penambah darah pas waktu mens .tapi, kebanyakan untuk hal ini kurang di perhatikan. padahal ini bagus untuk kesehatan”.
+:”sebagai seorang remaja, adalah masanya ketertarikan dengan lawan jenis. nah,kadang-kadang sebagai remaja, cewek itu terlalu over dalam berdandan. sehingga memakai kosmetik yang ada kandungan Hydroquinon (zat pemutih)nya biar mereka terlihat lebih cantik. lalu, bagaimana tanggapan ibu tentang hal ini?”
-:”o….ya….sebenarnya pemakaian Hydroquinon kalau secara kosmetik itu hanya untuk usia 30 tahun ke atas yang berguna sebagai perawatan. sedangkan untuk para remaja itu yang biasanya mengandung SPF 15 dan di sesuaikan dengan jenis kulitkita. kadang membeli kosmetik yang ada labelnya SPF 15 pun belum tentu cocok untuk jenis kulit kita. maka dari itu, kita harus menyesuaikannya dengan jenis kulit kita. dan yang lebih utama lagi kalau memilih dan menggunakan kosmetik itu jangan ada alkoholnya karena itu dapat menyebabkan kanker.
Dan kalau memang berniat untuk tampil cantik ya…..perlu juga lah konsultasi pada dokter kulit secara intensif, biar lebih tahu kondisi kulit kita itu kayak gimana, kan yang penting nggak terlihat putih wajahnya tapi terlihat lebih fresh dan bersih dari kotoran atau debu itu saja udah cukup membuat orang lain betah memandang wajah kita”.
+ : “Terima kasih bu atas waktunya dan ma'af telah mengganggu aktivitas ibu”.
- : ya terima kasih juga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar